Mesin Turbofan
Diagram Mesin Turbofan
Mesin Turbofan adalah mesin yang umum dari
turunan mesin-mesin turbin gas untuk menggerakkan pesawat terbang baik
komersial maupun pesawat tempur. Mesin ini sebenarnya adalah
sebuah mesin by-pass dimana sebagian dari udara dipadatkan dan
disalurkan ke ruang pembakaran, sementara
sisanya dengan kepadatan rendah disalurkan sekeliling bagian luar ruang pembakaran. Sekaligus udara tersebut berfungsi untuk mendinginkan suhu ruang pembakaran.
sisanya dengan kepadatan rendah disalurkan sekeliling bagian luar ruang pembakaran. Sekaligus udara tersebut berfungsi untuk mendinginkan suhu ruang pembakaran.
Udara yang di by-pass ini ada yang
dicampur dengan udara panas pembakaran pada turbin bagian belakang seperti pada
mesin Rolls-Royce Spey yang
digunakan pada pesawat Fokker F-28. Ada pula yang disalurkan dengan pipa-pipa halus
ke atmosfer.
Mesin yang menggunakan type ini contohnya adalah mesin RB211 yang digunakan pada pesawat
Boeing B 747 dan GE CF6-80C2 yang
digunakan pada pesawat DC-10 serta P &W JT 9D.
Beberapa mesin yang menggunakan jenis
mesin turbofan adalah Rolls-Royce Tay pada
pesawat Fokker F-100 (yang
dijuluki mesin fanjet), mesin Adour Mk871 yang
digunakan pada pesawat tempur type Hawk Mk 100 dan Hawk Mk 200, pesawat
tempur Jaguar danMitsubishi F-1 yang
digunakan AU Jepang.
Kemudian mesin high by-pass turbofan yang
diterapkan pada mesin CFM56-5C2 yang
dipakai oleh pesawat Airbus A340 dan mesinCFM56-3 yang dipakai pada Boeing
B-737 serie 300, 400 dan 500 yang merupakan produk bersama antara GE
dengan SNECMA dari Perancis.
Pada pesawat militer, mesin turbofan yang
diterapkan antara lain adalah mesin TF39-1C yang dipakai pada pesawat
angkut raksasa C-5 Galaxy, kemudian GE F110 yang dipakai pada F-16, GE F118 yang bertype non-augmented
turbofan yang diterapkan pada pesawat pembom stealth Northrop-Grumman B-2 dan pembom B-1 dengan mesin non
augmented turbofan GE F101.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar